Manusia yang manakah?

April 28, 2010 at 5:09 pm (Religius, tausiyah) (, , )

 Terdapat 4 jenis manusia di muka bumi ini:

Manusia pertama,,

adalah mereka yang dikaruniai mata hati dan kekuatan untuk bergerak

Manusia kedua,,

adalah mereka yang dikaruniai mata hati,, namun tidak memiliki kekuatan untuk bergerak

Manusia ketiga,,

adalah mereka yang tidak dikaruniai mata hati,, namun memiliki kekuatan untuk bergerak

Manusia keempat,,

adalah mereka yang tidak memiliki keduanya,,

mata hati dapat diasah dengan bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu,, sering-seringlah menghadiri majelis ilmu dan berkumpul dengan orang2 shaleh…

kekuatan untuk bergerak.. membutuhkan tekad,, setelah qt mempelajari dan memahami ilmu.. kewajiban selanjutnya adalah mengamalkan di kehidupan sehari2…

*supaya gak lupa,, materi pengajian selasa siang bersama Ustdz Fatiah,, salah satu guru yang rayya kagumi… ^^

16 Comments

  1. didot said,

    melatih mata hati perlu dengan menjaga hati,antara lain dengan : menjaga mata sebagai jendela hati ,mengurangi makan (puasa) ,mengurangi tertawa,mengurangi tidur

    semakin peka hati kita karena semakin bersih dari dosa2 dan maksiat,dengan banyak memperbanyak mengingat Allah,baik baca quran maupun zikir di hati kita

    soal hati apabila sudah bersih,maka dengan sendirinya rindu untuk selalu beribadah kepadaNYA,karena cahaya ilahi bisa masuk ke dalam hati.

    harus diusahakan juga untuk mencari ilmu,karena ilmu adalah salah satu cahaya yang Allah letakan dalam hati kita

    siapa yg berusaha sungguh2 dia pasti akan mendapatkannya

    wassalam🙂

    ~~~***~~~
    kepekaan mata hati juga bisa diasah lewat saling berbagi,, agar kita tidak kufur akan nikmatnya…🙂

    wahh,, semakin lengkap tausiyahnya.. heheh..

  2. kawanlama95 said,

    entahlah de aku yang mana . keknya aku lagi cape banget neeh butuh semangat. heran .entahlah apa yang terjadi dengan hari esok

    ~~~***~~~
    kalau lagi butuh semangat,, minta sama pemiliknya semangat donk bang… keep hamasah! *kalo katanya anak2 rmni…😀

    La Haula Wala Quwwata Illa billah (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan ALLAH)

  3. achoey said,

    Bagus Rayya
    Tiap abis ngaji, tulis di blog
    Pan kita juga jadi tau🙂

    Salam semangat dik

    ~~~***~~~
    ho-oh.. iya ya a’.. minimal jadi ada posting rutinan di blog ini tiap minggunya.. heheh

    salam semangat a’…😀,, kayanya bang mirzam lagi butuh salam semangat juga tuw a’..

  4. Abdi Jaya said,

    itu yang sulit dicari sekarang, bergaul dengan orang-orang yang sholeh…🙂

    ~~~***~~~
    InsyaAllah ga sulit ko’.. asal pas tempat nyarinya mas..🙂 *bisa dimasjid ato majelis ilmu

  5. deady said,

    hii
    moga gak jadi manusia keempat
    aku link back ya

    ~~~***~~~
    yup.. silahkan deady.. dengan senang hati😀

  6. sunarnosahlan said,

    semoga hatiku semakin peka

    ~~~***~~~
    amien pak…🙂

  7. hanyanulis said,

    Kalao saya pingin jadi manusia yang bisa melengkapi kekurangan dan ketidaksempurnaan orang agar mereka terlihat sempurna di mata Allah , dan lebih bewrsyukur atas banyak hal yang telah di anugrahkan dalam hidup mereka🙂

    ~~~***~~~
    oleh karenanya Allah ciptakan kekurangan diantara kita agar bisa saling melengkapi.. karena kesempurnaan hanya milik Allah🙂

  8. nakjaDimande said,

    Bundo ikut nyatet hasil pengajiannya Rayya.

    **yang sakit adeknya mamaw, makasi doanya ya Ray.

    ~~~***~~~
    rayya kangennn bundo… >,<
    *dah lama ci ga baca cerita dan komen2 tulisan bundo di ladang LJ..

    adiknya mamaw.. adiknya KD yah bund,, parahkah sampai bundo datang ke bandung..? semoga engga y.. dan semoga segara pulih

  9. Asop said,

    Hey, sebuah kuadran.🙂

    quadran seperti punya om eN-Ha di LJ y..😀 *ada 4 tipe

    Inginnya menjadi tipe pertama.😐

    amien.. InsyaAllah bisa ke tipe 1,, dengan catatan harus banyak exercise hati..🙂

  10. endra said,

    mav ray…
    lagi jarang post…hehe…
    makasih awardnya…
    tapi mv lom bisa pasang….

    ~~~***~~~
    mav diterima ndra..
    kalo menyangkut jarang post.. rayya lebih parah,, jadi bisa dipahami ko’.. yang penting award dah diterima ya kawan…😀

  11. ahsanfile said,

    Mata hati itu yang mana ya… kejiwaan apa pikiran… ane belum mudeng…
    kalo berkenan ane mohon dijelasin yaa😀

    lam kenal…

    ~~~***~~~
    keduanya pak,, karena keduanya tercipta untuk saling melengkapi satu sama lain..
    jika kita hanya menuruti hati tanpa menggunakan logika.. akan mudah emosi nantinya.. tapi jika kita hanya mengandalkan logika tanpa melibatkan jiwa.. akan diperbudak logika nantinya,,

    ouphh,, mungkin ga terlalu ngena ya jwbannya.. intinya keduanya dibutuhkan..🙂

  12. junaedi said,

    Ala bizikriLLAH tathmainnal qulub….
    Dengan mengingat ALLAH hati menjadi tentram….

    Manfaat menjernihkan hati…

    1. Untuk menghindari manusia dari kejahatan dan kehancuran dunia dan akhirat,karena nafsu itu senantiasa mengajak dan mengarahkan pada perbuatan jahat dan sesat. Sebagaiman Firman Alloh SWT yang menghikayahkan pernyataan Nabi Yusuf AS. Sebagai berikut :

    “ dan aku tidak akan membiarkan nafsuku menguasai diriku kerena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang di beri rohmat oleh Tuhanku “(QS.Yusuf : 54)

    2. Untuk menjadikan manusia baik lahir maupun batinnya yang disebabkan hatinya suci bersih dari kotoran-kotoran nafsu. Sebagai sabda Rosululloh SAW :

    ‘Sesungguhnya di dalam jasad manusia itu ada segumpal daging, apabila segumpal daging itu baik, menjadi baik pulalah jasad, dan apabila rusak / kotor, menjadi pula rusaklah seluruh jasad. Ketahuilah, yaitu hati”.

    3. Untuk mendayagunakan segala aspek kehidupan, terutama dalam pengabdian diri kepada Alloh SWT. Firman

    ‘Pada hari yang tidak bermanfaat harta benda dan tidak bermanfa’at (berguna) pula anak-anak (hari qiyamat), kecuali orang yang datang kehadirot Alloh dengan hati yang suci (bersih dari syirik dan maasyi). AsySyuaroo 88 -,89.

    Salam

  13. junaedi said,

    Ibrahim bin Adham mengatakan ada sepuluh perkara yang dapat mengotori hati :

    1. Kamu mengenal Allah, tetapi kamu tidak mengadakan kewajiban kepadaNya.

    2. Engkau membaca Al Qur’an, tetapi engkau tidak mengamalkan kandungannya.

    3. Engkau mengatakan menjadi musuh syaitan, tetapi engkau mengikuti dan bersesuaian dengan syaitan.

    4. Engkau mengatakan menjadi Ummat Nabi Muhammad SAW., tetapi engkau tidak mengikuti jejaknya.

    5.Engkau berkeinginan masuk surga, tetapi tidak beramal yang dapat menghantarkannya ke surga.

    6. Engkau menginginkan selamat dari api neraka, tetapi engkau mencampakkan dirimu ke dalamnya.

    7.Engkau mengatakan bahwa mati itu pasti, tetapi engkau tidak mempersiapkan bekal untuk mati.

    8. Engkau sibuk meneliti cela kawan-kawanmu, tetapi engkau tidak memperhatikan cela dirimu sendiri.

    9. Engkau makan nikmat dari Tuhanmu, tetapi engkau tidak pernah bersyukur kepadaNya.

    10.Engkau ikut mengubur orang yang mati, tetapi engkau tidak dapat mengambil I’tibar (pelajaran) dari peristiwa itu.

    —Kalau ingat begini, rasanya malu juga sih…jd pingin sering masuk mesin cuci…hehehe…

  14. Lia said,

    Salam silaturrahmi sobat..mampir balik ya

  15. yanrmhd said,

    hati yang selalu mencari cahaya,
    terus bergerak dan memancarkan kebaikan…
    semoga hati kita selalu bersih agar tak putus dari rahmat Allah,,,

    salam hangat dari Podjok Qolbu Ku😀

  16. rayya said,

    @ junaedi
    makasih buat tambahannya

    @ lia
    wa’alaikumsalam.. alhamdulillah saya sudah melihat2 koleksi cantiknya mba lia..

    @yanrmhd
    Amien.. salam kenal mas yan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: