Yang manakah keajaiban itu…?

October 25, 2009 at 4:05 pm (Cerita Qu, corat-coret)

Suatu pagi di dalam ruangan kelas, terjadi dialog sederhana antara guru dengan muridnya…,,

Ibu Guru : “Anak2,, coba sebutkan apa saja keajaiban dunia?”

Murid 1   : “Borobudur bu…!”

Murid 2   : “Tembok besar cina bu…!”

Ibu Guru : ” Benar anak2,, ayo.. ada yang bisa menambahkan lagi?”

Murid 3   : “Saya bu guru, menurut saya keajaiban dunia itu UDARA..!”

Ibu Guru : “Udara? tidak termasuk kedalam daftar keajaiban dunia adi (nama murid ke-3)… mengapa kamu menganggap udara dalam keajaiban dunia?”

Murid 3  : “Menurut saya udara adalah kejaiban dunia yang tak ada tandingannya bu,, karena tanpa adanya udara kita semua tidak akan bisa bernapas dan hidup di dunia ini…”

Mendengar jawaban dari muridnya sang guru pun tertegun, dan mulai berpikir betapa seringnya kita lupa untuk bersyukur atas segala hal yang sering kali dianggap kecil,, namun sangat berharga disekeliling kita..

***

cerita diatas adalah kultum singkat yang dibawakan salah seorang sahabat sabtu malam kemarin…🙂

jika kita gali kembali cerita diatas,, banyak makna terkandung.. salah satunya adalah arti hidup.. betapa hidup adalah hal yang sangat berharga.. yang seringkali tidak kita sadari dan syukuri…

bagaimana hidup menjadi tidak mudah untuk  dinikmati bagi mereka yang sedang berjuang melawan penyakit dan maut,,

pernah terpikirkah,, setiap tarikan napas begitu berharga bagi seorang bayi kecil yang sedang berjuang hidup melawan penyakitnya,, karena jantung yang dimiliki tidak dapat berfungsi normal,, tidak ada yang salah dan dipersalahkan atas setiap keadaan… karena semua adalah kehendak sang penggenggam nyawa…  namun diakhir perjuangan bayi kecil itu, sang rabb memberikan kado terindah,, rasa sakit disetiap tariakan napasnya yang berat telah diambil dan dibuang jauh2 dari tubuh mungilnya… ya,, mungkin memang ini jalan terbaik bagi bayi mungil itu,, dan semoga tempat terbaik telah menanti di sisi Nya..   (terimakasih untuk pelajaran hidupnya,, tuk dede Rafli..)

Hidup  sering kali lupa qt syukuri dan  sia2kan,, dan baru terasa berharga saat maut menjelang..

merana rasanya disaat harus masuk keruang ICU,, suasananya yang dingin tak bernyawa.. yang ada hanya tubuh lemah terbaring diatas ranjang… kadang mata itu terpejam dan kadang menatap kosong tanpa respon layaknya orang hidup… *hidup tapi mati*.. hidup dengan dikelilingi mesin.. (semoga saat ini Allah swt telah beri tempat terbaik untuk almarhum pakde,, amin)

Nikmat mana yang kau ingkari…?

apakah rasa syukur baru bisa qt rasakan setelah nikmat itu diambil dari sisi ini.. *Astagphirullah..

Sia2lah mereka yang menyia2kan hidupnya,, karena keajaiban yang sesungguhnya ada pada setiap tarikan napas di muka bumi Allah..🙂

28 Comments

  1. nakjaDimande said,

    subhanallah, semoga kelak rayya punya anak cerdik seperti murid 3 itu, amiin

    anak yang cerdik,, amin.. tapi sebelumnya, cari ayahnya anak2 dulu bund.. hehehhh :p

    keajaiban disetiap tarikan napas, sesuatu yang kita rasakan biasa saja
    tapi akan mencekam bila Allah berkehendak menghentikan tarikan napas itu.. ampuni kami ya Rabbana..

    semoga sang penggenggam nyawa masih beri kita umur untuk mensyukuri keajaiban itu ya bund,, amin

  2. sunarnosahlan said,

    tidak sedikit sesuatu yang sebenarnya nyata adanya hanya karena tak ada dalam daftar maka diabaikan begitu saja, menurut saya udara jauh lebih ajaib dari yang lain-lainnya karena selalu ada sepanjang jaman, begitu pula suara yang selalu diulang-ulang tak akan ada yang melebihi banyaknya suara adzan, tapi adakah museum yang mencatatnya?

    ~~~***~~~
    itulah manusia pak,, mudah menuntut.. tapi sulit bersyukur

  3. RitaSusanti said,

    Begitulah terkadang manusia, baru merasakan berarti dan bermaknanya sesuatu ketika ia telah menghilang dari sisi. Semoga kita bisa memanfaatkan dan mensyukuri setiap detik momen yg kita lalui, amiin.

    ~~~***~~~
    amin,, semoga KAU ampuni khilaf kami selama ini ya Rabb..

  4. daniatiwi said,

    Subhanallah….
    Sampai umur 14 tahun sekarang Tiwi belum pernah terpikir bahwa udara juga termasuk ke dalam salah satu keajaiban dunia.
    Ini kunjungan Tiwi yang pertama kalinya. Salam kenal

    ~~~***~~~
    jadi,, sekarang tiwi sudah temukan keajaiban itu kan…🙂
    salam hangat dan makasih atas kunjungannya ya,,

  5. Desri Susilawani said,

    begitu banyak keajaiban yang wajib kita syukuri…artikel yang bagus sekali

    ~~~***~~~
    makasih🙂
    artikel mba desri juga bagus2 8(^^)8

  6. ningrum said,

    subhanallah…
    kita memang sering lupa bersyukur ya.. sesuatu yang terlihat sederhana, namun sesungguhnya sangat penting dan malah luput dari perhatian kita.
    semoga kita menjadi lebih bijak dalam memperhatikan hal-hal kecil di sekitar kita..

    yaps,, bener banget mba…🙂

    (setuju sama bundo.. “subhanallah, semoga kelak rayya punya anak cerdik seperti murid 3 itu, amiin”) ^_^

    amin,, semoga qta semua diberkahi penerus yang cerdas dunia-akhirat.. ^^

    *foto2nya rayya juga bagus-bagus nih

    hohoho,, iseng2 berhadiah mba…:mrgreen:

  7. isnuansa said,

    Kesempurnaan tubuh manusia yang diciptakanNya juga sebuah keajaiban nyata… Nggak seorangpun bisa menciptakan hal yang sama.

    ~~~***~~~
    subhanallah,, keajaiban yang lain ya mba ^^

  8. narsis said,

    salam kenal, sungguh artikelnya membuat saya lebih banyak merenung, gaya tulisanya juga menarik

    ~~~***~~~
    gaya menulisnya sama ko mas,, cuma pencet2 keyboard doank.. hehehh:mrgreen:
    makasih atas kunjungannya…

  9. Ismi Humairo said,

    fa bi ayyi aa laa i robbi kuma tukadzdzibaan……
    salam kenal….^^,

    ~~~***~~~
    salam hangat ismi🙂

  10. yoan said,

    *ngerasaditampar*

    iya, bener, ria. nikmat hidup ini banyak banget yg kadang kita ingkari secara gak sadar…

    *balikmerenungidiri*

    ~~~***~~~
    hadowhh,, qu ga bermaksud nampar sapa2 loh mba… cuma nyentil dikiiiit…:mrgreen:

  11. Ismi Humairo said,

    mbak, tukeran link yuk,
    link sampeyan dah nangkring di daptar prends saia…..^^,

    ~~~***~~~
    hokehhh mba ismi,,
    linknya sudah qu pasang yah…😀 *lirik kanan*

  12. Anton said,

    Benar sekali bu……..kadang kita baru memohon dan mendekat padaNya jika kita dalam kesusahan, pas kita dapat rezeki kita lupa deh….

    ~~~***~~~
    yaps bener banget.. jadi qt harus tetap ingat padaNYA baik dikala senang maupun susah.. ^^

    ngomong2 saya masih temannya murid ke-3 ko’.. belum jadi temennya ibu guru… hehehh

  13. Onnay Okheng said,

    Hmmm…
    sebenarnya banyak sekali keajaiban yang mungkin tidak kita sadari, termasuk udara, tanah, api, dll..

    sebenernya siy sadar… tapi seringan lupanya nay…

    postingannya nyerempet kanu hate [raya ngerti ga ya??hehe..:D]

    jujur,, ga ngerti… :p

    makasih udah mengingatkan,..
    jangan sampai kita seperti “Raja yang Angkuh”

    salam sayang dari bandung…😀

    salam hangat selalu untuk bandung😀

  14. uvi07 said,

    masyaallah…bgitulah sifat Manusiawi…..tak inget akan besarnya nikmat Allah yang tidak terlihat secara langsung….

    *rang akan merasakan nikmatnya sehat bilamana, ianya sedang sakit…masyaallah….*

    Fa bi ayyi aalaa-i Robbikumaa Tukadzdzibaan……..
    Semoga Allah rizqikan kita rasa Syukur di setiap hela nafas Kita….amien….

    ~~~***~~~
    amin…
    makasih untuk kunjungannya uvi…🙂

  15. Desri Susilawani said,

    salam shubuh buat Rayya….

    ~~~***~~~
    salam dhuha buat mba desri…:mrgreen:

  16. nakjaDimande said,

    Bundo lagi sok sibuk.. tiba-tiba kangen sama anak gadis satu ini
    rayya sehat..? ud makan..?😀

    ~~~***~~~
    hari ini,, jam menunjukkan pukul 08.00 pm,, masih di kantor berkutat dengan angka2… hehehhh…

    alhamdulillah udah makan ko’ bund,,, maafkan rayya yang belum sempet silaturahim ke rumah bundo ku sayang ya…🙂
    tetep tunggu rayya diladang ilalang,,

    nanti kalo tingkat kepenatan sudah memuncak rayya pasti main kesana numpang lari2 n tidur2an diatas rumput…😀

  17. Den Mas said,

    ada hal kecil dan sederhana yang sering lupa kita syukuri (sok bijak mode ON:mrgreen: )

    ~~~***~~~
    ahh,, den mas memang bijak ko’ + sabar banget malah ^^,
    apalagi disaat menghadapi para pengkritik hehehhh…

  18. Onnay Okheng said,

    “postingannya nyerempet kanu hate [raya ngerti ga ya??hehe..:D]

    jujur,, ga ngerti… :p”

    hihihi…bener dugaan nay, pasti teu ngarti hehe..😛
    silahkan cari di mbah gugle bahasa sunda *kalo ada hihihi…🙂

    salam sayang dari bandung..😀

    ~~~***~~~
    rayya kan punya temen orang sunda… minta ditransletin langsung ajah… ga usah pake pakde google,, kasian seharian pakde dah kerja banting tulang hhihihi…

    “postingannya nyerempet kanu hate”, artina
    postingannya nyerempet kena dihati… betulkah😉

  19. Rohayati said,

    Selamat sore….
    kami datang dan berkunjung ke blog anda dengan berharap banyak untuk memperoleh informasi… dan ternyata memang benar informasi yang anda berikan benar benar memukau… kami memang informasi inilah yang sedang di cari..
    kalau boleh kami mengajak untuk bertukar link silahkan pasang dan kami akan approve segera….terimaksih

    ~~~***~~~
    terimakasih kembali atas kunjungannya mba rohayati🙂
    ok,, selanjutnya saya akan berkunjung untuk tukeran link ya,,,

  20. Wong Jalur said,

    Bersyukur, satu kata yang suliiiit sekali kita lakukan. Knp sulit? krn banyak sekali hal yg membuat kita lupa utk bersyukur. Pdhal, cukup bersyukur saja kita akan diberi 100x lipat oleh-Nya, bagaimana klo setiap nafas kita selalu bersyukur, gak terbayang kelipatan yg akan diberikan oleh-Nya.

    ~~~***~~~
    yaps,, setuju dengan mas wong..🙂
    namun sang rahim selalu beri kita kesempatan untuk bertaubat dan mulai bersyukur padanya,, jadi jangan sampai qta sia2kan kesempatan itu… makasih untuk kunjungnnya mas…

  21. mira said,

    iya, sering kali kita lupa mensyukuri apa yg kita punya. dan sesuatu itu baru terasa begitu berharga ketika kita sudah kehilangannya. #ganyambung ya? xixixi..

    salam kenal ya. tukeran link yuk.

    ~~~***~~~
    salam kenal juga mira… hayuks.. qt tukeran link😀

  22. endra said,

    banyak hal kecil yang sering kitaperoleh, tapi kita lupa untuk mengucap syukur, padahal hal kecil itu juga nikmat yang perlu kita syukuri, sungguh malu diri ini….

    ~~~***~~~
    kalau begitu qt harus sering2 b’latih ya ndra.. supaya disaat menerima nikmat dariNYA kita t’biasa mengucap syukur…

  23. Desri Susilawani said,

    siang Ray….gi sibuk ya?

    ~~~***~~~
    sore mba desri ^^,
    emang rayya suka kaya gini kalo lagi rada error,, timbul-tenggelam… hehehh

  24. Afif said,

    Kadang manusia lupa akan nikmat allah ketika sibuk dg urusn dunia..
    Kunjungn prdana, slm knal🙂

    ~~~***~~~
    salam kenal juga🙂
    makasih atas kunjungannya,,,

  25. Badruz said,

    Betul sekali mba. semua ciptaan Allah itu ajaib.
    perbuatan yang sering kita lalaikan adalah bersyukur. adalah kunci meraih kebahagiaan di dunia sekalipun.

    salam.

    ~~~***~~~
    semakin sering qt bersyukur justru semakin banyak nikmat yang akan kita peroleh ya mas…🙂

  26. Hariez said,

    semoga kita masih bisa mensyukuri apa yang diberikan Tuhan dan tidak akan menjadi kufur akan nikmat Nya ya mba Rayya😀

    -salam- ^_^

  27. kawanlama95 said,

    mengingatkan akan nikmat-nikmat Allah yang di beri dimuka bumi ini. tausyiyah yang baik untuk diresapi dan diambil ibrohnya

  28. wi3nd said,

    cerdaaassss nian muridna ituh

    yapz,nafas adalah karunia terhebat yan9 diberikan olehNYA,san9 pen99en99am jiwa🙂

    *masih terus belajar neeh rayya,ajarin yah,makasi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: