Healthy: Glukoma Si Pencuri Penglihatan

May 27, 2009 at 7:31 pm (Cerita Qu, healthy)

Tak pernah terbayang jika suatu hari harus hidup dalam kegelapan,, tak bisa lagi menyapa pelangi yang indah.. dan bermanja dengan lembayung disore hari…Hidup tanpa warna,, hanya tinggal hitam pekat yang tersisa.. lalu bagaimana cara qu bertasbih lewat indah ciptaan-Nya.. sedang qu lebih banyak belajar lewat melihat…

*rasa yang sempat bersemayam dalam hati ketika berkunjung ke Poliklinik mata di RSCM hari ini…

tentunya rasa diatas tidak muncul begitu saja,, ada alasan mengapa tiba2 saja hadir.. membuat perut ini terasa seperti dihantam palu godam,, cemas menyelimuti diri.. namun pasrah yang membuat tetap kuat…

Awalnya karena bercak merah pada kornea mata,, yang telah sukses membuat qu bolos kerja hari ini untuk memeriksakan mata ke RSCM.. dan memang hampir 1 tahun qu tidak check kondisi mata (minus),, setelah pendaftaran dan proses menunggu yang Alhamdulillah tdk lama.. aku masuk ke-4 ruangan berbeda untuk melakukan pemeriksaan secara bertahap..

Kamar no. 30: Tindakan yg dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan mesin.. check awal untuk mata rabun, dan tekanan pada bola mata * dilewati dgn mulus

Poli 1: Pengechekan mata rabun secara manual oleh dokter,, dengan lebih detail *alhamdulillah ternyata minus qu blm b’tmbh

Poli 2: Pengecekkan organ dalam pada mata,, disini diketahui bhw bercak merah pd mata hanyalah efek dari pembuluh darah yg pecah.. dan InsyaAllah akan hilang dalam waktu 1 minggu.. tapi,, setelah kornea mata dichek secara intensif dan dibandingkan dgn hsl tekanan pada bola mata,, ibu.dokter tiba2 b’tanya..

“pernah ada riwayat glaukoma ga’ di keluarga..?!”

What’s.. !!! Glaucoma..  Qu jawab pertanyaan itu dengan muka bengong penuh tanda tanya,, wong.. seumur2 jg baru pertama kali ngedenger istilah glaukoma.. kalau glukosa qu tau.. :p

Melihat reaksi qu yang cukup bisa ditebak,, bu dokter menjelaskan apa itu glukoma..

Glukoma penyakit mata yang dijuluki sbg “pencuri penglihatan”,, tidak ada gejala  yang dirasakan oleh sipasien.. hanya tiba2 sipasien kehilangan penglihatannya (kebutaan total) karena penyakit yg sudah parah dan tidak bisa diobati lagi.. Glukoma sendiri merupakan kerusakan penglihatan yang biasanya disebabkan oleh meningkatnya tekanan pada bola mata,, yg timbul karena adanya ketidakseimbangan antara produksi dan pembuangan cairan pada bola mata sehingga merusak jaringan syaraf halus yang ada di retina dan belakang bola mata..

Sebenarnya apa alasan sang dokter mendiagnosa ku terkena “glukoma” walau belum pasti,, karena masih ada tahap pemeriksaan selanjutnya yang hrs dilewati..

Tekanan pada bola mataku berada diatas batas normal.. yang normalnya berada diantara angka 10-15.. namun pada mata kiri dan kanan qu mencapai angka 19.9 dan 19.2..  serta lensa mata yang memipih lebih lebar dibandingkan mata normal..  Namun dokter bukan tuhan,, ini hanya diagnosa awal.. dan untuk memastikannya harus dilakukan screaning atau pemeriksaan Lapang Pandang (Octopus) di kmr no.18..

Hwahh.. paniknya ga ketulungan,, kenapa jadi meluas masalahnya.. ya sudahlah,, kalau pun memang benar diagnosanya semoga masih bisa dilakukan pencegahan sedini mungkin.. karena memang hanya itu satu2nya cara mencegah kebutaan akibat glukoma..

Pada kamar no.18: dilakukan pemeriksaan,, dimana aku diharuskan melihat kesatu titik ditengah layar dengan kondisi ruangan gelap gulita (layar b’bentuk setengah lingkaran menyesuaikan bentuk pd bola mata), dan menekan tombol ketika melihat muncul kilatan cahaya disekitar layar.. prosesnya krg lebih setengah jam u/ 2 mata.. hasil screaning keluar saat itu juga,, dan diserahkan kembali ke ibu dokter di Poli 2..

Yaps,, setelah menunggu dgn rasa campur aduk.. ibu dokter membacakan hasil screaning yang ternyata Alhamdulillah hasilnya masih normal.. :D  namun tahun depan aku dianjurkan untuk kembali lagi, memeriksakan tekanan pada bola mata.. apakah tetap atau semakin bertambah.. jika bertambah,, terdapat pengobatan yang harus qu lakukan untuk mencegah glukoma terjadi…

Hupffh.. hari yang panjang..,, betapa nikmat sehat qu teruji lagi hari ini,, mata adalah satu dari beribu nikmat  yang sering qu sia2kan dan bahkan sering kuzhalimi.. menggunakannya tanpa istirahat dan perawatan yang cukup… hidup tanpa ke-2nya tak kan bisa sempurna saat ini..

Sujud syukur atas berkah nikmat yang telah Kau berikan pada qu,, danpasrah qu atas segala ketentuan-Mu ya Rabb..

Untuk mengakses info lengkap tentang “Glukoma”,, temen2 bisa klik disini dan disini.. semoga bermanfaat..🙂

Ouw,, mungkin satu lagi.. Glukoma tidak bisa diobati.. dan hanya bisa dikendalikan dengan mengurangi tekanan yang ada pada bola mata.. yaitu dengan tetes mata khusus glukoma, dan dengan mengkonsumsi vitamin C serta mineral.

15 Comments

  1. reinkhadija said,

    InsyaAllah auntie sehat-sehat saja..
    kontrol yang rajin ya auntie sayang…😀

    biar kita masih bisa menatap lengkapnya warna pelangi setelah hujan..😉

    ~~~***~~~
    yupsi… my sweaty niece…
    makasih buat doanya,, semoga Allah selalu kasih kesehatan buat auntie mu ini.. 🙂

  2. achoey said,

    Adikku
    Matamu kan tetap indah

    Saya juga dah mulai kurang bagus nih
    Tapi moga bagus lagi matanya😀

    ~~~***~~~
    iya a’,, smoga mata ini sehat kembali..🙂
    mata juga titipan sang pencipta,, yang kelak akan diminta pertanggujawabnnya,, so hrs dijaga, dirawat, dan dimanfaatkan dgn baik…

  3. yoan said,

    iya euy… serem kalo sampe kehilangan penglihatan…
    ya Allah… jangan.. please…

    hope that things will work out right, sist…🙂

    ~~~***~~~
    yaps,, i hope so…
    thanx a lot sista..🙂

  4. Irfan said,

    mata, satu nikmat Allah tapi berjuta-juta manfaatnya. sedikit aja masalah, ribetnya minta ampun.

    jadi inget tes BW. hasilnya? arghhh…..sempet bikin saya lemes cukup lama.

    ~~~***~~~
    semangat..!!!
    jangan lemes lagi ya fan..😀

  5. sunarnosahlan said,

    boleh postingan ini saya copy sebagai bahan tambahan materi pelajaran?

    ~~~***~~~
    wah,, boleh banget pak narno.. 😀

  6. doelsoehono said,

    Salam ….semoga Apa yang menjad pemberianNyaselalu kita bisa menjaganya .

    ~~~***~~~
    W’salam..
    amien,, pak.. karena p’tanggungjwbannya-pun berat disana nanti …

  7. Infinite Justice said,

    hasil diagnosa awalnya apa jeng? congenital glaucoma? donder’s glaucoma? infantile glaucoma? narrow-angle, open-angle atau primary glaucoma?

    namun sekiranya tulisan jeng wanti merupakan pengetahuan yang bermanfaat, sekaligus sebagai pengingat bagi saya untuk menjaga dan memanfaatkan nikmat penglihatan dengan sebaik-baiknya…

    ~~~***~~~
    hoowh.. Alhamdulillahnya qu belum sampai ketahap gejala glukoma,, kang IJ..
    terbukti dari hasil screaning.. ato test Octopus,, sudut pandang masih normal..
    dan dokternya pun menjelaskan,, bahwa memang ada tekanan mata yang tinggi tetapi normal… dan qu dibuatin resep vitamin C..
    sempet bingung.. kenapa gak vitamin A,, kan buat mata..?? tapi setelah baca2 artikel diinternet tentang glukoma baru paham.. ^^

  8. Infinite Justice said,

    emmmmh… jeng wanti metodologi pembelajarannya lebih condong visual ya?
    *gak penting*

    rayya: hummm.. sepertinya siy gitu kang.. mungkin ditmbh sedikit kinetik or lewat praktek..,, terbukti qu ga terlalu seneng denger musik,, dan cenderung lebih suka baca+ngurek2 ga jelas..:mrgreen:

    rasanya glaucoma memang momok paling mematikan. tapi info yang paling akhir itu sungguh bermanfaat

    rayya: yahh,, semoga bisa memberi sedikit info ke temen2🙂

  9. endra winata said,

    semoga selalu sehat, dan yang namanya pencuri gak mampu mendobrak pintu mata indahmu….

  10. wanti annurria said,

    @ endra winata
    hukss..,, sungguh aku terharu ndra.. semoga pencurinya buru2 ditangkep hansip yaks..:mrgreen:

  11. achoey said,

    A kebanyakan ngeblog kali ya?:D

  12. diemaz said,

    Alhamdullilah belum sampe glukoma ya. ya sering-sering minum jus jambu,jeruk,mangga. minumnya di mie janda Achoey

    met malam

    ~~~***~~~
    Iya mas,, alhamdulillahnya engga…🙂
    di mie janda a’ achoey da delivery servicesnya ga ya???:mrgreen:

  13. kawanlama95 said,

    ya udah banyak2 minum jus ,jus jambujeruk,jus appel dan lain2 .minum jus nya di Mie janda Achoey. dateng aja sekalian

  14. wanti annurria said,

    @ a’ achoey
    sesekali mata juga harus dimanja… dengan istirahat yang cukup,, dan jauhkan dari efek radiasi yang bisa merusak mata a’…🙂

    @ kawan lama 95
    huwaaah,,, minum jusnya jauh bener bang… ;p

  15. Dartiyah Tiya said,

    semoga q tidak mengalaminya, amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: