Economic Challengges: Indonesia Raja Energi Biofuel diDunia

March 14, 2009 at 4:59 pm (corat-coret, Nature, News)

biofuel conversion

biofuel conversion

sebelumnya niat memposting artikel mengenai polusi,,, alih2 setelah nonton diskusi interaktif  diMetro TV dengan bahasan “Biofuel” .. jadi berubah haluan niy…😀

Pembicara… MC: Tomi (klo ga’ salah), Pengisi: Anton Apriyantono (Mentri Pertanian) dan Hudori (Pengamat Biofuel)

Diperkirakan cadangan energi fosil kita akan habis dalam jangka waktu 40 tahun kedepan dan akan terjadi krisis energi didunia,,, lantas upaya apakah yang dilakukan oleh negara2 didunia untuk mengatasi krisis energi ini…???

adanya kesepakatan “80:20”  diantara negara2 didunia  yang artinya negara tersebut harus bisa mengurangi gas emisi buangannya sampai dengan 80% dalam kurun waktu 20 tahun…

Biofuel salah satu solusi untuk permasalahan diatas…

Biofuel adalah bahan bakar nabati hasil dari proses pengolahan bahan organik, yang mampu menyerap karbondioksida sebgai penyebab tingginya efek rumah kaca – bahan bakar yang ramah lingkungan.

sebagai negara agraris, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah untuk diolah menjadi energi Biofuel… diantaranya: ganggang laut, kelapa sawit,  bunga matahari (gimana caranya?), jarak pagar, singkong, dan kedelai… semua tanaman ini dapat tumbuh dengan mudahnya diatas tanah qita yang subur…

tetapi sangat disayangkan, kenyataannya saat ini posisi Indonesia masih  jauh dibelakang negara lain seperti Amerika, Jepang, dan Brazil… padahal kemampuan Indonesia dalam menghasilkan sumber daya alam Biofuel diatas mereka…

ketidak konsistenan pemerintah dalam mensubsidi penelitian para ilmuwan dalam hal energi Biofuel menyebabkan hasil penelitian tersendat-sendat (menurut pak hudori)… kemungkinannya karena harga energi fosil yang kembali turun baru2 ini…

dibandingkan dengan negara Brazil contohnya, sudah jauh lebih maju… karena pemerintah Brazil telah menyiapkan dana untuk kemajuan penelitian yang ga boleh diganggu gugat,, intinya mereka konsisten demi kemajuan perkembangan energi biofuel…

selain itu pemerintah juga membatasi pengolahan Biofuel maksimal hanya 5%, karena dikhawatirkan terjadi krisis pangan… kurangnya lahan juga menjadi salah satu penyebab terhambatnya perkembangan energi Biofuel di Indonesia,,, karena banyak lahan pakan yang dikonversi menjadi lahan kelapa sawit…

sebenarnya masih banyak lagi potensi energi pengganti seperti air, biothermal, dan hydrogen,,, hanya saja masih belum mencukupi kebutuhan yang ada untuk menggantikan energi fosil…

Apabila dilihat, potensi ganggang laut untuk menjadi sumber energi Biofuel sangatlah besar, karena garis pantai yang dimiliki Indonesia merupakan yang terpanjang didunia, dan ini menjadi tugas rumah dari Departemen perikanan dan kelautan untuk mengembangkannya…

menjaga potensi alam yang ada dan konsisten dalam mengembangkannya dapat menjadikan Indonesia Raja Energi  Biofuel di Dunia,,, selain solusi mengurangi polusi  sekaligus dapat menyerap tenaga kerja yang besar pula…😉

5 Comments

  1. Darojatun said,

    dari dulu masih pake biofuel belum sempat pake minyak bumi udah harus pake bio fuel lagi.

    keburu habis, kasian emak di kampung.

    ~~~***~~~
    wah,,, bagus itu mas… selain mengurangi efek global warming, berarti mas jauh lebih modern n maju dibanding yang make minyak bumi…

    tapi ngomong2 energi biofuelnya jenis apa ya mas???

  2. zack said,

    wewh…
    that’s great i think..
    knapa gag langsung di ajukan kpd yang bersangkutan saja??
    trus cari tenaga ahli..
    lakukan penilitian,
    dah gitu produksi besar-besaran..
    trus suruh rakyat indo menggunakan’y n mempopulerkannya…
    kan bisa m’angkat nama ank bangsa jg tuh..!!

    ~~~***~~~
    yups, bener banget zack…
    cuma masalahnya sekarang dananya yang ga da,,,
    pemerintah lebih suka yang instan,, padahal secara jangka panjang nihil…

  3. Eddy O.M. Boekoesoe said,

    Pilih aja satu yaitu biofuel ganggang yang sudah jelas kemampuannya untuk biofuel, stop yang lain lain seperti biofuel dari kelapa sawit yang memiliki conflict of iterest dengan bahan pangan, hanya membuang energi uang dan waktu.
    Tetapi siapa yang harus mengatur dan memutuskan ini yah, mungkin kita harus meminta Obama yang akan mengeluarkan keputusan seperti ini?

    ~~~***~~~
    menyedihkan sekali kalo qita harus selalu menunggu suara dari seorang asing yang sama sekali tidak mengenal negri kita,, dan mengabaikan suara para ilmuwan lokal yang berusaha berjuang untuk kemajuan negrinya…
    tapi sepertinya memang itu kenyataan yang terjadi di negri kita..😦

  4. pu3 said,

    universitas di Indonesia udah buka tuw fakultas Teknik Bio Proses,Teknik Kimia..tapi keahlian mereka yang sudah lulus malah dipake ama negara luar…karena negara luar lebih bisa membaca prospek dan manfaat biofuel ini..menyedihkan,,
    haruskah kita melepaskan lagi “Habibi Habibi Indonesia” untuk orang luar…yah daripada uangnya dikorupsi mending untuk membangun hal yang seperti ini yah..

    ~~~***~~~
    sayangnya pemimpin2 dinegara kita tidak cukup cerdas untuk memikirkan hal ini mba,, mereka terlalu sibuk menumpuk harta kekayaannya sendiri… sangat menyedihkan memang

  5. jilbab cantik murah said,

    You actually make it appear so easy together with your presentation however I to find this matter to be actually one thing which I think I would by no means understand. It seems too complex and very broad for me. I’m having a look ahead on your next put up, I’ll attempt to get the dangle of it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: