Outbond Yuuk…

January 13, 2009 at 4:03 pm (corat-coret, Nature)

Jumat Sore – hari Minggu qita dari club rohis kantor rame-rame outbound ke bandung selatan, walaupun 3hari hujan  turun terus dan awan mendung menyelimuti Bandung…  tetep semangat!

Selama perjalanan+outbound di bandung qita ditemani EO dari “Green Adventure & Planet Science” berikut rute+ceritanya…

Hari I – Jumat
Pengalengan, kota  sejuk dengan ketinggian sekitar 1200 meter diatas permukaan laut terletak 40 km diselatan kota Bandung dan dapat ditempuh dalam 45 menit sampai dengan 1 Jam dari Pusat kota Bandung.

Setelah melewati kota kecamatan Banjaran qita akan disuguhi pemandangan perkebunan yang menarik sepanjang perjalanan.

Kota Pengalengan ditandai dengan terminal bus dan gedung perkantoran milik KPBS ( Koperasi Peternak Bandung Selatan), koperasi yang cukup terkenal dengan hasil susu murni para peternak sapi anggotanya.

Disini kita bisa membeli beragam oleh2 hasil olahan susu sapi  diantaranya permen karamel dan kripik susu.

Dipengalengan kami bermalam di salah satu penginapan “Hotel Damanaka”, untuk beristirahat dan bersiap2 outbound keesokan paginya.

Hari II – Sabtu

Pertama-tama kami berkunjung ke Perkebunan teh Malabar, dimana curator pabrik teh ini adalah seorang Belanda bernama Bosscha, orang yang juga telah membuat teropong bintang di Lembang. Rumah dan makam tempat Bosccha dikuburkan pun terletak di wilayah Malabar.  Sampai saat ini rumah Bosscha masih terawat dengan baik, dan masih sering digunakan sebagai tempat pertemuan para administratur Perkebunan Teh Malabar.

Konon katanya mesin2 pembuat teh di Malabar merupakan hasil design Bosscha ratusan tahun yang lalu dan masih bertahan sampai sekarang, pengolahan teh tergolong masih sangat sederhana dan tradisional. Tapi sampai saat ini Indonesia masih belum dpt membuat mesin2 tersebut dan hanya sebatas membuat suku cadangnya yang sederhana.

pabrik teh Malabar

pabrik teh Malabar

berhubung hujan turun terus acara teawalk ke makam Bosscha -batal- sayang banget siy,,, tapi ya mo gimana lagi situasi dan kondisi tidak memungkinkan.

Tapi alhamdulillah qita masih sempet berkunjung ke rumah Bosscha🙂

diambil dari dalam bus, dengan kondisi hujan diluar

diambil dari bus, dengan kondisi hujan diluar


Situ Cileunca

Situ Cileunca 4 Km dari pusat kota dimana qta bisa melakukan aktifitas outdoor seperti camping, trekking di areal perkebunan setempat, rafting, flying fox atau hanya sekedar bersantai menikmati pemandangan.

Sesampainya di situ Cileunca qta sarapan di tempat  “Abah” pemilik  tempat makan dan fasilitas kegiatan outdoor di Situ Cileunca. Setelah itu qta mulai bersiap2 untuk rafting…

Rafting disungai Palayangan sejauh 5 km yang dapat ditempuh dalam kurun waktu 1-2 jam, selama mengarungi sungai qta akan disuguhi pemandangan alam yang indah. karakteristik sungai Palayangan sempit dengan jalur sungai yang banyak dipenuhi bebatuan, sehingga sering kali boat tersangkut antara bibir sungai dengan bebatuan ditengah sungai, sedikit berbeda dengan sungai di Citarik Bogor yang luas dan volume air lebih banyak.

Setelah basah-basahan selama mengarungi sungai, qta diantar menuju arena “PaintBall”, disana qita  bermain perang2an dengan menggunakan peluru karet berisi cat… tujuan perang ini adalah merebut bendera lawan. Tim qu kalah… he… hiks…

Setelah painball, qu dan yang lainnya membersihkan diri dan makan siang. yang kemudian dilanjutkan dengan Flying fox… seru banget niy, coz qta bisa ngeliat keseluruhan pemandangan situ cileunca dari atas… Qu ketagihan sampai nyoba 2 kali… hihihih….

Setelah semua tantangan outdoor terlewati, kami bersiap2 untuk kembali ke hotel dan check out melanjutkan perjalanan…

– Go To Ciwideuy –

2 Comments

  1. syukree said,

    seruuu deee pokoke….. walaupun dingin en berhujan2 ria……. tapi tetep asikk…. mauuu doong di ulang lagi….. apalagi kalo gratisan lagi… he..he… yaa gak ria…..

  2. wanti annurria said,

    hehehe…
    emang klo gratisan itu uenak yaa… hi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: