Khasiat buah tomat… ^^

April 5, 2009 at 4:32 pm (Cerita Qu, healthy)

tomat segar ^^

tomat segar ^^

Hampir setiap hari raya  makan tomat segar…,, biasanya sebelum makan berat… Saking seringnya jadi kepikiran,,, qira2 da efek sampingnya ga siy makanin buah tomat setiap hari, atau apa aja siy khasiat buah tomat,, selain mengandung vitamin C tentunya…

Iseng2 browsing pakde google,,  berikut hasil dari pencarian raya

***

Tomat (Solanum lycopersicum) terbagi menjadi dua jenis,, sayur dan buah… perbedaannya terletak pada bentuk dan ketebalan kulitnya. Kalau tomat buah, bentuknya agak lonjong dan kulitnya tebal. Sebaliknya, tomat sayur berbentuk bulat dan kulitnya lebih tipis. Tomat buah lebih tahan lama dibandingkan tomat sayur.. tetapi keduanya memiliki khasiat yang sama

Tomat mengandung zat  yang dapat mencegah beberapa penyakit… diantaranya vitamin A, B1, C, Likopen, Tomatin dan masih banyak lagi.

Kandungan likopen pada tomat membantu dalam memerangi penyakit degeneratif seperti tumor dan kanker, berdasarkan hasil penelitian untuk mengetahui seseorang menderita tumor atau kanker adalah dengan meneliti kadar likopen pada tubuhnya.

Sedangkan kadar Tomatin pada tomat bersifat antiinflamasi (antiradang) yang dapat mengobati radang pada jerawat, luka, borok, wasir, usus buntu, hingga radang pada saluran pencernaan.

Kandungan jelly kuning yang terdapat pada sekitar biji tomat juga mengandung senyawa atau bahan campuran yang manjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung. Penelitian mengatakan bahwa jika kita meminum juice tomat tanpa membuang bijinya, maka resiko terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung berkurang hingga 72%.

Berikut beberapa tips dalam memanfaatkan buah Tomat,,

- Mengatasi gusi berdarah: sebuah tomat dicuci bersih, lalu dimakan segar-segar. Lakukan ini 1x sehari selama sebulan.

- Mengatasi sembelit: sesekali minum jus tomat sesudah makan.

- Menghaluskan Wajah: sebuah tomat yang berwarna merah tua diperas. Oleskan airnya ke wajah berkali-kali setiap hari. Bisa juga tomat diiris lalu digosokkan ke wajah.

Untuk mendapatkan manfaat beta karoten (baik untuk kecantikan kulit), vitamin C, dan mineral serta kalium baik bila tomat dikonsumsi dalam keadaan segar ataupun dijus. Sedangkan untuk mendapatkan manfaat Likopen, agar lebih maksimal disarankan dalam bentuk masak.

Raya juga mendapatkan cara praktis dalam menikmati Tomat dalam keadaan “matang”, tanpa harus memasak atau mengolahnya terlebih dahulu… Pertama pilih buah tomat segar, potong2, taburi dengan gula atau madu (sesuai dengan selera), siram dengan air mendidih… tunggu hingga dingin, setelah itu dapat segera dinikmati… ditambah batu es juga ueenaak…. Selamat mencoba.. :D


32 Comments

  1. sunarnosahlan said,

    tips yang bagus

    ~~~***~~~
    makasih pak,, semoga bermanfaat :)

  2. Infinite Justice said,

    katanya ada ‘tomat sayur’ dan ‘tomat buah’, meski saya sendiri kurang tahu-menahu soal ini. tapi saya suka makan tomat segar, koq… buat nyembuhin sariawan dan bibir pecah-pecah…

    ~~~***~~~
    saya juga baru tau klo da tomat buah dan sayur setelah baca diberbagai artikel.. dan selama makan tomat segar saya juga ga pernah pilih2.. yang ada ya saya makan,,, hehehe… toh khasiatnya sama :)
    thx atas kunjungannya

  3. achoey said,

    Maka wajar jika saya suka tomat
    Mie Janda juga jualan jus tomat :D

    ~~~***~~~
    hiyaaa… qirain dah lupa sama ade mu ini a’… :p
    raya malah ndak suka jus tomat… rasa asem dari tomatnya tambah berasa,,, enakan juga jus alpuket a’… ada ga??? ;) he….

  4. surgazka said,

    karena tante ria di kantor suka cerita kalo tante ria sering makan tomat dikarenakan khasiat yang terkandung didalamnya berlimpah ruah :-) mamihnya azka jadi ikutan degh…dikulkas isinya tomat semua,,,seger-seger lagi…wuih enak tuenan…..kraus,,kraus begityu bunyinya….

    ~~~***~~~
    yaiks…. maemm tomat atau kerupuk mba… Qiqiqiqiqqq,, :D :D :D
    ko’ bunyinya kraus2… :p

  5. yanti said,

    Sayangnya… ada juga yang alergi tomat ya…, kebetulan saya kenal seorang anak autis yang segera tantrum.. seusai menyantap tomat….. hal ini diperkuat dengan hasil lab setelah dilakukan test alergi..

    ~~~***~~~
    alergi karena tomat, aqu baru denger mba… ia sayang bgt, kasian dedenya jadi ga bisa menikmati segarnya buah tomat… :(

  6. doelsoehono said,

    Salam .

    tip yang sangat bagus dan menarik …….tapi yang paling enak dan adem tu kalau kita kompres muka dengan potongan Ketimun kewajah bisa dingin dan sejuk ..

    ~~~***~~~
    wah.. wah,, dapet tips tambahan niy dari pak doel… :D
    makasih pak,, bisa dipraktekkin niy kapan2 :)

  7. yodama said,

    @yanti:
    tantrum paan y?

  8. wanti annurria said,

    @yodama
    sama seperti yodama,, pas baca comment dari mba yanti qu juga jadi penasaran… dan coba cari tau mengenai tantrum… berikut hasil yang raya dpt… :)

    pengertian generalnya:
    “Temper Tantrum adalah suatu letupan amarah anak di saat anak menunjukkan kemandirian dengan sikap negatifnya, biasanya dialami oleh balita (2 – 4 thn)”

    lengkapnya bisa dilihat di website ini:

    http://keluargasehat.wordpress.com/2008/04/02/apakah-temper-tantrum/

    @mba yanti
    mungkin bisa ditambahin mba klo da yang kurang,, maklum masih amah… :)

  9. yeni said,

    tomat itu khasiatnya bagus,tapi aq ga suka.tapi stelah tau khasiat tomat itu gimana, aq mau cba deh

    ~~~***~~~
    yaps,,, enak ko’ rasanya… ^^

  10. vina said,

    aq tiap hari makan tomat.. tepatnya setiap malem.. 3 tomat sekaligus diiris2 kecil, terus dimasukkan ke dalam gelas, ditambah sedikit gula pasir, terus diberi air dingin secukupnya.. nyem..nyem..nyem..
    eh ada efek sampingnya gak sih kalo aq makan tomat 3 sekaligus??? hohoho..

  11. diah said,

    katak papah ku,, makan tomat tuh bagus banget… klo konsumsi banyak-banyak juga bagus.. tapi katanya segla sesuatu klo terlalu banyak tuh bisa operdosis. dari atikel yang sudah saya baca ini. akhirnya saya tahu, mengapa ayah saya sangat percaya dengan tomat… trimakasih tas infonya…

  12. wanti annurria said,

    @ vina
    wah.. 3 tomat sekaligus dalam satu hari.. banyak banget yah,,
    kalo efek samping,, qu belum ketemu vin.. tapi klo manfaat banyak.. ^^
    mungkin sesekali diselingi buah selain tomat kayanya bagus juga tuw vin,, jadi bisa menutupi vitamin yang mungkin tidak dimiliki siy buah tomat.. :)

    @diah
    sejauh ini memang belum ada penelitian yang membuktikan adanya efek samping pada buah tomat..,,
    selamat menikmati buah tomat yang suegeer :)

  13. ika said,

    da efek sampingnya ga minum & pke masker tomat setiap hari??
    saya tunggu jawabanya…..
    makasih

    ~~~***~~~
    dari refrensi yang saya baca.. belum ada efek samping dari memakan buah tomat setiap hari ika..
    namun untuk masker ada yang menyarankan,, sebaiknya tidak digunakan pada wajah berkulit sensitif dan berjerawat.. vitamin c pada tomat bisa menimbulkan efek perih pada wajah…
    masker tomat sangat baik untuk wajah berkulit normal, kering, dan kombinasi…

    artikel masker dari buah tomat bisa dibaca disini

    semoga bermanfaat ya,, barangkali ada yang mau menambahkan… :)

  14. atha lakuary said,

    wahhh banyak juga manfaat tomat yahh
    nice info
    makasihh :D

  15. fitri said,

    dari yang saya baca kyknya se…pengen coba tuhh….oya selama q mkn tomat mngkin q g thu apa reaksinya….end pa q gak thu krn q sering nyolong tomat di dapur x yaaa…!

  16. purmo said,

    sy serink membdidyakan tomat,tp lum tw tnyta sbgu bnyk khsiatny…..tanks info ea.

  17. Mas UDIN , said,

    Hallo…smuanya .. Emank bener tuh …Tomat kaya manfaat . aq tiap hari ngejus tomat and hasilnya brow.. badan tetap segar dan bersemangat BAB LANCAARR… ..

    salam,
    Mas UDIN
    Dadirejo , JOMBANG

  18. ian said,

    selain rasanya segar ,mudah di dapat dan sangat murah

  19. rafina said,

    saya rajin bget makan tomat. tiap malam bisa 2 buah… pantesan kulit saya putih bersih padahal saya gak pernah perawatan kyak cwek2 metropolitan….. gak tw knp sy hobby bget makan tomat. kenap yah.. saya jg bingung.

  20. nanda said,

    tomat?
    g enyaaaak
    hehehe
    mampir ya ditempat saya http://rauanklassnikringing.com
    makasih

  21. andre said,

    enake kalau di juice
    numpang ni http://revolutionp.com

  22. jack said,

    keren juga ya kasiatnya
    mampir ya http://vacationaccompany.com

  23. dealer pulsa said,

    tiap pagi saya minum jus wortel campur tomat. dengan tujuan untuk kesehatan mata, tapi ternyata masih banyak manfaat yang lain. thanks

  24. Smile _ Happy said,

  25. redha said,

    sebenarnya saya tau tomat sayur ma tomat buah ada juga tomat cery tapi saya g terlalu peduli saya makan ajaa selagi banyak khasiatnya….

  26. sweet said,

    kalo juice tomat bisa ga sih mengurangi penyakit mium?????/

  27. YANA WAYANA said,

    TOMAT SANGAT ENAK UNTUK DIKONSUMSI LANGSUNG MAUPUN DIOLAH DENGAN JUICE, SAYA BIASANYA SUKA DI JUICE SEBANYAK 3 BUAH DENGAN AIR SEDIKIT DITAMBAH DENGAN MADU DUA SEDOK TEH, LALU SAYA SARING, KADANG-KADANG SAYA LANGSUNG DIMINUM KADANG-KADANG JUGA SAYA BAWA KE KANTOR, TOMAT BANYAK MANFAATNYA LHOOOO DAN UENAKKKKK. THANKS

  28. suparmin said,

    THX INFONYA, Q JG SUKA TOMAT. TP GA TAU MANFAATNYA. SAYANGNYA HANYA SUKA TOMAT MENTAH BUKAN OLAHAN.

  29. sinta said,

    kak ,,kata teman.ku , bibir kalo d.sekah dengan buah tomat itu bisa buat bibir merah n lembut .
    kalo lembut sih mungkin ajjah kali yah , LAH kalo merah , masa’ iyyah ?

  30. info Kesehatan said,

    Great post. I was checking continuously this blog and I�m impressed! Extremely helpful info specially the last part I care for such information a lot. I was seeking this certain information for a very long time. Thank you and best of luck.

  31. wahid prasetya said,

    trim,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  32. fauzan said,

    info penggemar jus tomat danwortel
    Terima kasih atas info hasiat tomatnya yah, karena sy setiap hari minum jus tomat dan wortel ,yg sy rasa badan sy terasa segar dan alhamdulillah badan ku sehat selalu amin……….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: